Jumat, 03 Februari 2012

Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang


Aug 19, 2011 by Under Tips & Trik - 22 Comments  
Pada Artikel sebelumnya  mengenai Download Google Books secara gratis, ada beberapa orang yang bertanya kepada Fastncheap dengan pertanyaan “ Bagaimana cara melakukan Update SP 1 pada Windows 7 tanpa melakukan Install ulang? ”. Bila harus kami jawab dalam Box komentar, maka jawabannya bisa sangat panjang.
Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang Image
Oleh karena itu, kali ini kami akan membuat artikel mengenai installasi SP 1 ke dalam Windows 7. Ada sedikit hal yang perlu ada ketahui bahwa proses installasi windows 7 membutuhkan waktu yang agak lama, apalagi kalau spesifikasi komputer atau laptop anda di bawah spesifikasi minimum.
Belum lama ini, Microsoft merilis Service Pack 1 untuk Windows 7. Seperti yang kita ketahui, service pack adalah kumpulan update, patch, perbaikan yang telah dan dikumpulkan dalam bentuk satu file. Service Pack juga memudahkan pengguna program dalam proses update sehingga tidak perlu meng-update satu persatu.
Dalam Windows, Service pack diinstall setelah kita meng-install windows. Nah, apabila proses Installasi Windows-nya saja sudah memakan waktu, apalagi di tambah dengan proses installasi service pack. Tentu akan memakan waktu yang semakin lama bukan?. Bukankah lebih simple apabila service pack itu diintegrasikan ke dalam installer Windows. Dengan begitu, setelah menginstall Windows, pengguna tidak perlu lagi menginstal service pack karena proses instalasi service pack sudah dilakukan bersamaan saat instalasi Windows. Inilah yang dinamakan dengan proses slipstreaming.
Bahan-bahan yang dibutuhkan.
Untuk melakukan proses slip streaming Windows 7 dengan SP 1, kebutuhannya besar sekali. Benar, file-file yang dibutuhkan kapasitasnya mencapai ratusan mega byte. File apa saja yang dibutuhkan?
Installasi Windows Automated Installation Kit
  1. Pertama kita harus meng-Install Windows Automated Installation Kit. Karena format file-nya adalah ISO, kita perlu menge-burn-nya (burn) dulu ke DVD. Jalankan Aplikasi burner anda, kami menggunakan CDBurnerXP.
  2. Klik dua kali opsi Burn ISO Image. Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang Image
  3. Di bagian Select ISO Image to burn, klik Browse, arahkan ke file ISO milik Windows Automated Installation Kit. Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang Image
  4. Klik Burn Disc untuk memulai burning.
  5. Setelah pembakaran selesai dan semuanya berjalan lancer, masukkan DVD Windows Automated Installation Kit.
  6. Pada jendela yang muncul, pilih Windows AIK Setup. Lakukan proses instalasi seperti biasa.
Installasi RT Se7en Lite
  1. Instllasi RT Se7en Lite seperti biasa. Pada contoh, Windows yang kami pakai adalah 7 32-bit. Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang Image
  2. Jalankan Se7en RT Lite dan masukkan DVD Installer Windows 7 anda ke dalam drive DVD. Pada contoh, Windows yang akan kami slipstream adalah Windows 7 32-bit.
  3. Klik Browse dan pilih OS Path. Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang Image
  4. Arahkan ke Drive yang berisi installer Windows 7, klik OK untuk melanjutkan.
  5. Pada peringatan yang muncul, pilih OK.
  6. Selanjutnya, pilih lagi drive atau folder, terserah anda, yang akan menjadi tujuan sementara. Klik OK.
  7. Proses Copy akan berlangsung.
  8. Setelah proses Copy selesai, akan muncul jendela baru. Pilih versi Windows yang akan anda gunakan. Dan berikan tanda centang pada Slip Stream Service Pack.
  9. Tunggu sebentar, kemudian akan muncul sebuah jendela. Klik Browse dan arahkan file SP1 yang tadi anda download. Jangan sampai keliru!. Bila installer Windows anda 32bit, pilih SP 1 yang untuk 32-bit. Klik Start.
  10. Proses Intergrasi akan dimulai. Pada komputer yang kami pakai, proses integrasi ini memakan waktu sekitar 40 menit lamanya.
  11. Setelah installasi selesai, klik Proceed.
  12. Proses Loading Image, akan dilangsungkan selama beberapa menit. Setelah proses itu selesai, kembali ke jendela utama RT Se7en Lite dan pilih Task. Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang Image
  13. Beri tanda centang pada ISO Bootable lalu klik icon ISO Bootable yang ada di sebelah kiri.
  14. Berikutnya di bagian Mode, anda bisa memilih apakah akan langsung menge-burn image yang sudah jadi ke DVD atau membuatnya menjadi ISO terlebih dahulu. Menurut pendapat penulis, ada baiknya anda menjadikkannya ISO terlebih dahulu karena ISO itu, Anda bisa melakukan eksperimen di VirtualBox atau virtual machine lainnya untuk menguji apakah DVD yang kita buat sudah benar dan bisa booting. Jika anda langsung menge-burn nya ke DVD, dikhawatirkan ada proses yang masih belum benar sehingga nanti bisa menyebabkan proses installasi windows yang tidak lancar, belum lagi kalau gagal ada keeping DVD yang harus terbuang. Untuk menjadikan ISO, pilih mode Create Image.
  15. Klik tombol Make ISO dan tentukan lokasi penyimpanannya, terserah anda.
  16. Proses pembuatan ISO akan dilakukan dan tunggu hingga selesai. Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang Image
  17. ISO tersebut penulis uji dengan menggunakan VirtualBox dan berhasil.
  18. Setelah mengetahui ISO-nya bisa di install, kini anda bisa menge-burn-nya ke DVD dengan menggunakan metode yang sama seperti menge-burn Windows Automated Installation Kit.
Selesai, setelah semua proses tadi, Windows 7 anda sudah terintegrasi dengan Windows 7 Service Pack 1. Dengan hal ini, dipastikan notebook/komputer anda bisa lebih baik dari versi sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Update Windows 7 Service Pack 1 Tanpa Install Ulang Image
CATATAN:
Dalam Artikel ini, penulis mencoba dalam spesifikasi hardware sebagai berikut:
Namun bila anda mempunyai spesifikasi minimum dari yang disebutkan di atas, tutorial ini juga berlaku. Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar